Share |

Puisi 57

Acep Zamzam Noor


SEPERTI PUISI



1


Seperti puisi dulu aku mengenalmu

Dekat danau tenang, dekat rumput ilalang

Matahari menyalakan kita

Dalam kobaran rindu. Seperti puisi aku menyentuhmu

Dengan jemari embun

Seperti puisi

Aku memandikanmu dalam pagi yang menggenang


Betapa panjang jika harus kucatat menjadi kalimat

Seperti puisi gairah ini kupadatkan, rindu ini

Kukentalkan. Tahun-tahun kuringkas, abad-abad kusingkat

Negeri-negeri kulebur, kekuasaan-kekuasaan kusulap

Menjadi sekedar kesunyian

Seperti dulu aku mengenalmu dekat danau tenang

Dekat rumput ilalang

Seperti puisi yang datang dan menghilang


2


Jika kukenangkan sebuah pulau, laut dan langit

Alangkah jauhnya kita:

Aku telah menemukanmu dari dunia lain

Tapi kau tak kunjung menjumpaiku di lagu-lagu

Di ayat-ayat suci, di baris-baris panjang puisi

Padahal aku dekat sekali denganmu

Bicara pada hatimu dan menjadi pakaian tidurmu


Padahal aku sering menuntunmu ke sebuah pulau

Bercerita tentang laut dan langit biru


***

Prev Next Next